19 January 2017

Ini Cerita Tentang Irit, Hemat, Hancur

INI CERITA TENTANG IRIT, HEMAT, HANCUR.

Selamat pagi...

Mayoritas orang tidak menyadari, bahwa keputusan kita untuk tak berbagi itu akan berpengaruh  ke rejeki orang lain dan rejeki kita sendiri. Umpamanya begini... Kita itu pipa saluran air, pakai kran,  lantas krannya kita tutup, kira-kira sebelah rumah kita kebagian air gak yaaa? Trus rumah kitanya sendiri kebanjiran air gak?
Saya lapar pengen banget makan siang di warung Mas A, saya udah jalan nih,  tapi muter lagi,  gak jadi dgn alasan gak usah deh,  tar makan dirumah aja. Biar Irit.... Rejeki Mas A dari kita gak jadi,  tapi Rejeki Mas A Tuhan berikan melalui orang lain, Nah... Uang kita irit atau gak???  tunggu dulu...  Hehehe...

Hmmmm....
.
Ini cerita, klo saya punya teman yang cara hidupnya super hemat. Atau bisa dibilang hematnya itu ekstrim sangat lah. Gak usah sy kasi contohnya ya....  Sy rasa kawan-kawan juga pasti punya teman atau saudara atau bahkan pasangan anda yg hematnya kebangetan. Wakakak...
.
Kadang kita merasa bahwa irit itu menguntungkan, hemat...betul yaa....   Tapi sebenarnya pengeluarannya yah sama aja, bahkan alih-alih irit ternyata malah huuuaancoor.... Saya gak jadi makan di warung Mas A,  mau makan di rumah aja biar irit,  pas mau pulang mampir dulu ke pasar beli cabe, beli sayur,  beli ikan,  beli tomat,  bawang.
Rp. 300.000,- lewat juga...  Wakakaka.
Belum lagi tenaganya,  pulang motongin sayur dulu, ngulek cabe dulu,  sayur yang dimasak gosong pula... cabe yg di ulek kena mata, puuuedes nyooooo....

Maksud aku yah sekali-skali makan di warunglah,  ajak anak ma istri, manjakan diri lah... Istri jgn disuruh masak terus,  kasian....
Aku nikahi istriku tuh bukan tuk nyuruh jadi tukang masak,  tukang cuci,  tukang setrika, tukang muas-muasin di kasur dan bukan buat dimarah-marahi. Tapi buat nemenin dalam cinta dan sayang baik suka maupun duka........  Cieee.. Cieeee..
.
Wuuuuaalah..  Aku ngomong apa sih ini... malah cerita istri......
.
Yoo wiiis lah...
.
Intinya begini.... Kita ini pipa saluran rejeki, jangan kau tutup kran nya itu, biarkan mengalir juga ke orang lain,  berbagilah!!!
Biar Tuhan berkata "Oooh...  Akan AKU berikan rejeki yg melimpah ke orang itu,  sebab orang itu sering membaginya ke orang lain". dan
Tidak berkata "AKU alirkan rejeki ke orang itu sedikit saja, sebab org itu tak membaginya ke orang lain, kalau kebanyakan nanti dia kebanjiran,  Kasian"

19/1/17
*dariku AL.

Read more...

Susah Mudah, Mudah Susah

SUSAH MUDAH,  MUDAH SUSAH

Wuuaaalah hari ini palaku mumet... Lah gimana gak mumet,  yg disini bilangnya begini,  yg disana bilangnya gak bisa begitu harusnya begini.
Lah,  gimana ini ?
Semesta memang gak mengharuskan setiap orang untuk berfikiran sama. Kalau sama,  semesta gak berjalan. Misalnya aku berangkat lewat jalan A, trus semua ikut lewat jalan A, aku mau makan rendang lantas semua makan rendang..... trus kapan berfikirnya??  kapan kreatifnya ?? Pasti membosankan...
.
Tapi maksudku begini.... Gak harus sama,  tapi kalau bisa dibuat mudah ngapain dibuat susah... Jalannya sudah ada ngapain mutar muter gak karuan, atau misalnya kamu gak bisa nyuci karna mesin cuci di rumah mu sedang rusak, ngapain kepalamu pusing mikirin  kabelnya,  mikirin selindernya, sementara pakaian bersihmu udh abis, ke loundry aja kan beres tuh,  tar klo udah beres ke loundrynya baru mikirin kabel, selinder.
.
Tapi mamang asik klo jadi anak pejabat, sesuatu bisa jadi mudah,  mau sesuatu tinggal bilang ke bapak... Bapak tinggal telpon,  yg ditelpon langsung grasa grusu,  takut !
"tar jabatan saya dicopot atau dimutasi bisa repot saya" gumamnya dlm hati.

18/1/17
*dariku AL.

Read more...

Hebatnya Diary

HEBATNYA DIARY.

Sejak kecil saya suka menulis, menulis tentang apa saja, mungkin karna itu pelajaran yg paling saya suka saat SD dulu adalah mengarang. Saya biasanya menulis tentang alam,  gunung, laut, dll tentu dengan bahasa kekanak-kanakan.  Hehehe.

Saat ini,  media untuk menulis itu sangat banyak tersedia,  ada FB,  Twitter,  Instagram, blog, dan lain sebagainya, tapi bagi saya, dari sekian banyak media itu, tak ada satupun yg bisa mengalahkan Diary dalam menulis sesuatu.
.
Saya punya blog, saya punya FB, saya punya Twiter, saya punya instagram dan saya punya BBM. Saya sudah menulis disemua media itu. Di blog ini ada 200 lebih tulisan saya, tapi ketika saya menulis di media-media itu,  saya harus membacanya berulang-ulang sebelum sy share ke publik atau bahkan saya harus menyunting ulang tulisan itu karena takut menyindir orang, takut ada unsur sara  dll  yang semua itu tak pernah terjadi ketika saya menulis di buku Diary.
.
Hebatnya Diary.

Dalam Diary kita bisa menuangkan segala apa yang ada dalam otak menjadi sebuah tulisan dan tak perlu takut dengan UU ITE. Tak perlu patuh pada etika-etika menulis dan tak perlu tunduk pada etika jurnalistik atau apalah itu namanya. Jika marah ya marah saja, jika kesal ya kesal saja tulisan dapat mengalir sesuai apa yang ada dalam hati dan fikiran.

James Pennebaker seorang peneliti bidang psikologi dari Universitas Texas, menyatakan bahwa menulis diary dapat memperkuat sistem imun, atau disebut T-lymphocytes.

Namun sayang.
Di era sekarang ini,  kita lebih banyak mengetik ketimbang menulis. Anak-anak lebih banyak dikenalkan dengan HP,  Gadget, Tablet atau apalah itu namanya ketimbang BUKU dan PENA.

Ironi........

18/1/17
*dariku AL

Read more...

18 January 2017

SEMESTA BEKERJA DENGAN CARA YANG TIDAK TERDUGA

Semesta Bekerja Dgn Cara Yang Tidak Terduga

Taukah kamu bahwa ternyata semesta berkerja dengan cara yang sama sekali tak terduga?
.
Kecelakaan di Sragen,  adakah diantara mahasiswa yg tau sebelumnya bahwa mobil yg ditumpanginya akan masuk persawahan?
Atau
Adakah personel yg dpt memastikan sebelumnya bahwa upacara 17an pagi tadi akan bubar karena hujan lebat ?
.
DAHULU saya sama skali tak pernah bermimpi untuk berdinas di Kota Kendari,  dan saya sama sekali gak pernah menyangka bahwa seorang gadis bernama Letnan dua Chb (K) Asmiran kelak menjadi istri saya, Tapi  nyatanya?  Benar, beliau menjadi istri saya sekarang dan Insya Allah selamanya.
.
Tuhan menggerakkan semesta untuk saya berdinas di Kota ini,  lantas bertemu dgn gadis tsb, memperkenalkan saya padanya lantas menikah.  Begitupun sebaliknya saya pernah berbincang ringan dgn istri,  beliau berkata bahwa dia (istri)  pun gak pernah menyangka kalau ternyata saya itu adalah jodohnya padahal begitu banyak pria yang pernah dekat dengannya, ada yg bermobil, ada yg ortunya tajir, ada bekas teman sekolah,  dan waktu pangkat masih sersan dua saja sdh ada perwira datang jauh2 dari jawa ingin melamar tapi ditolak dgn satu alasan yg sangat sepele, kenapa datang gak bilang2 sebelumnya. Hanya sesimpel itu.
.
Begitulah cara semesta bekerja atas skenario Allah Tuhan Yg Maha Segala. Tak ada satupun yg bisa mengintimidasi atau menginterfensi.
Semesta bekerja dgn cara yang  tidak terduga

Kau harus mengimani itu !

Adakah diantara kita yang sudah tau dengan pasti apa yg akan terjadi pada kita semenit kedepan ?

Teman.....

Mari kita bersyukur atas cara Tuhan mempekerjakan semesta untuk kita.

Salam
*dariku AL

Read more...

08 January 2017

Baik Buruknya Kamu, Itu Untuk Dirimu

BAIK BURUKNYA KAMU,  ITU UTK DIRIMU
.
Saya ingin sekali ditanya oleh seseorang "siapa orang yang paling kamu kagumi dimuka bumi ini" sehingga saya bisa memberikan jawaban padanya bahwa "orang yang paling saya kagumi adalah Rasulullah SAW"
.
Ada beberapa tokoh yang saya idolakan selama ini,  oleh sebab saya tdk menemukan kejelekan didalam dirinya. Pertama adalah Rasulullah dan yang ke dua adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman.
.
Salah satu kekagumanku pada Rasulullah adalah tak pernah sekalipun beliau mengumpat,  mencaci dan menghina orang meski orng itu telah menghinanya, meludahinya bahkan ingin membunuhnya.
.
Sejak kecil para guru dan orang tua saya telah bercerita bahwa Rasul itu gak pernah mengumpat,  tanpa sedikitpun saya bertanya mengapa Rasul tak pernah mengumpat? Tapi setelah dewasa saya mengerti bahwa ternyata segala keburukan tingkah kita akan kembali menghantam diri kita sendiri dan begitupun sebaliknya,  artinya bahwa segala perbuatan akan dikembalikan oleh Tuhan kepada pelaku. Seperti batu ketapel yang kau lepaskan pada sebuah gundukan karet lantas batu itu mental kembali kearah mu lantas mengenai kepalamu.
.
DR. Masaru Emoto lahir 22 Juli 1943 dan meninggal tanggal 17 Oktober 2014 adalah seorang peneliti dari Hado Institute di Tokyo. Emoto menemukan bahwa partikel molekul air ternyata bisa berubah-ubah tergantung perasaan manusia disekelilingnya, bahwa partikel kristal air terlihat menjadi "indah" dan "mengagumkan" apabila mendapat reaksi positif disekitarnya, misalnya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Namun partikel kristal air terlihat menjadi "buruk" apabila mendapat efek negatif disekitarnya,  seperti perkataan kotor dan kasar.

Berapa kadar air dalam tubuh setiap manusia?
.
Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri
dari air. Dua organ tubuh dengan kadar diatas 80% adalah  OTAK DAN DARAH.. .!!!

Otak = 90%,
Darah = 95%.
.
Jelaslah bahwa jika semakin kau Iri, semakin kau dengki,  semakin kau caci orang,  semakin kau hina orang,  semakin kau umpat orang, semakin kau benci orang,  semakin kau tipu orang,  maka 90% kristal air di otak dan 95% kristal air di darah mu menjadi buruk ! yang mengakibatkan rusaknya otak mu,  rusaknya hati mu,  rusaknya jantung dan seluruh anggota tubuh mu sehingga pantaslah jika orng berkata bahwa kau adalah orang yang "sakit".

So...  jika aku mencaci orang,  menghina orang, mengumpat orang sebenarya yang ku hina itu siapa ? ,  yg ku caci itu siapa ? dan  yang ku umpat itu siapa?  Tak lain adalah diriku sendiri. Dan ketika aku menipu orang maka sebenarnya yang aku tipu adalah diriku sendiri.

Firman Allah SWT:

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.”(Q.S. Al-Israa’ : 7)

Read more...

02 January 2017

Catatan diawal Tahun 2017

Alhamdulillah,  puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala berkah dan anugerah yg diberi di tahun 2016 yang lalu. Dan semoga di tahun 2017 ini kita menjadi manusia yang lebih baik.
2016 bukan saja angka tahunnya yang berubah lebih tua menjadi 2017 tapi kita sebagai pelaku sejarah perubahan tahun ini juga harus berubah menjadi lebih dewasa dari tahun-tahun sebelumnya. 
.
Hidup itu seperti Kentut : Keluar,  menebarkan aroma sesaat lantas lenyap. Lahir,  bertebaran dimuka bumi,  lantas mati.  Maka dari itu saya amat sangat setuju dengan kalimat bijak "pergunakanlah usiamu dengan sebaik mungkin sebab hidup itu teramat singkat" 
.
Semalam saya nonton acara Golden Memories di salah satu TV swasta nasional.  Rasanya baru kemaren saya main gitar dan nyanyi  lagu-lagu Godbless bareng teman-teman padahal itu sudah berlalu sekitar 23 tahun yang lalu. Lama??  Tidak ! itu singkat. 
.
Lalu apakah kita sudah bersyukur ? dan apa yang akan kmu lakukan di sisa waktu mu yang semakin pendek ini ?
Kala aku mempunyai mobil
Kala aku mempunyai rumah
Kala aku mempunyai uang
Kala aku....... 
Kala aku....... 
Aku berkata bahwa semua itu punyaku. Tak pernah sekalipun aku berkata bahwa itu titipan Allah. Aku lupa.  
.
Kala aku berdoa:

Aku meminta sehat
Aku meminta banyak rejeqi
Aku meminta kaya
Aku meminta derajatku ditinggikan
Aku meminta duniawi

Intinya aku meminta semua yang baik-baik. Tak pernah sekalipun aku meminta yang tidak baik. Namun jika Allah menunda permohonanku aku marah, aku kecewa. Atau
Jika Allah mengambil kembali apa yang sudah Allah titip,  aku bilang
Itu musibah
Itu hukuman
Itu penderitaan 
Atau apa sajalah sebutannya
Padahal itu memang punya Allah. Sah sah saja kan kalau Allah mengambil kembali miliknya.
.
Aku lupa..... 
Aku lupa..... 
Yah....  Aku selalu berlindung di balik kata lupa. 
.
2017 Telah datang. Harus berubah !
Kau harus tau bahwa tiada hari yang sulit kecuali kau sendiri yg menyulitkannya. 
Tak ada jalan yang buntu kecuali kau sendiri yg membuntukannya. 
Mari kita bersiap disisa waktu yg semakin pendek ini. 
.
2/1/17. 
dari ku AL.
.

Read more...

01 January 2017

Kenapa Berdusta?

Saya harus berkata bahwa percuma saja kamu istirahat begitu banyak jika yang lelah itu hati mu !!
.
Saya baru saja mengecek kehadiran anggota setelah sehari sebelumnya saya perintahkan untuk hadir dalam acara doa bersama di Masjid menyambut tahun baru 2017 pukul 18.45 malam ini. Dari sekian banyak personel ada beberapa orang yang tidak hadir dengan berbagai macam alasan.
.
Saya terpaksa diwajibkan untuk mengerti realita bahwa manusia memang menggilai seribu bahkan jutaan urusan. Urusan yang sebenarnya memang patut menjadi urusan atau sebenarnya hanya pura-pura dijadikan urusan.  Tapi saya juga dipaksa untuk mentaati aturan.
.
Bukankah kita telah sepakat untuk mentaati aturan?
Dimana hatimu ketika aturan itu kita sepakati?
Jika aturan berkata bahwa kamu harus shalat,  maka kamu akan menanggung segala konsekuensi ketidakshalatan mu itu pada Allah yang menyuruhmu shalat.  Pun dengan hal yang kita telah sepakati ini meski konteksnya sedikit berbeda.
.
Saya tidak habis fikir kenapa dusta itu selalu dibuat dan butuh perdebatan panjang untuk membuktikan kedustaan itu.  Padahal hati sudah berkata "iya.. Saya dusta". Jangan buat iri kawan mu yang lain yang sudah bersusah payah mengatakan dengan jujur bahwa "iya... Saya dusta"
.
Sayapun harus berkata bahwa saya tidak akan pernah sepakat dan sefaham dengan kalimat sampah yang mengatakan bahwa "aturan dibuat untuk dilanggar" sebab orang pernah mengajari saya untuk taat aturan.  Bukankan Agama itu aturan? Tuhan memberikan kita agama untuk kita taati agar kita selamat dunia dan akhirat,  sampai dimana akal fikiran mu sehingga aturan itu dibuat untuk kau langgar?
.
Istirahatkanlah hatimu dari kepicikan mu,  karna dia sangat butuh istirahat.
Jangan tunggu Tuhan menyentil kuping mu.
Bekerjalah dengan baik,  ikuti aturan.. agar semesta mengacungkan jempolnya untuk mu.

~AL ... 22.05. WITA.
Tugas Jaga.
Mlm thn baru.~

Read more...

ĂșĂșa A Designed by LETDA CAJ AL ISMAN by THN 2013

Back to TOP