29 July 2014

0 Kangen Blogwalking

Jujur pagi ini gw bete banget,  nunggu jam 10 pagi lamanya gak ketulungan, coz rencana selepas piket gw mau otw kampung halaman nemuin ortu and sanak family disana, maklum lah hampir gak pernah berlebaran dgn ortu karna tugas.

Tuk ilangin bete, maen ke kantor, buka laptop ...tiktak tiktak... suara keyboard laptop pun berbunyi... setelah berapa menit gw ingat temen-temen blogwalking dulu "sekarang mereka pada kemana ya ? blog mereka masih aktif kah ?" pikir ku... akhirnya iseng2 buka blog-blog mereka, ternyata blog mereka udah pada mati suri, rata-rata postingan terakhir mereka tahun 2011 dan 2012.   Emang sih, tahun 2011 blog gw juga hampir mati suri juga, karna kesibukan tugas, trus teman2 udah pada ngilang jadi aktifitas blogwalking sekarang gak seramai dulu.  Dulu sering berebutan pertamax jika ada temen2 yang buat postingan baru. Lucu.

Hari ini kenangan blogwalking muncul lagi. Gw sempat berkunjung ke beberapa blog, tulis koment atau nulis di buku tamu mereka bertahu mereka klo gw datang berkunjung. Gw senyum2 sendiri.... Indah nian blogwalking ini... karna acara blogwalking inilah gw banyak kenal dengan teman2 sesama blogger  yang Alhamdulillahh sampe sekarang masih akrab.  

Gimanapun ceritanya gw harus bilang Thanks to blogger Depok, Blogger Bekasi, blogger Bali, Padang, Makassar and blogger2 di seluruh Indonesia. Gw kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen lw pade !!!

28 July 2014

0 Lebaran di Kota Kendari, Sesuatu bangeeet..

Assalamu'alaikum Wrwb.
Selamat siang rekan-rekan semua,  Puji syukur kehadirat Tuhan YME, karna saat ini sy masih diberi kesehatan sehingga dapat kembali menulis lagi di blog saya ini.

Hari ini adalah hari pertama saya merasakan betapa indahnya berlebaran di Kota Kendari. Saya pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tolaki ini pada tanggal 1 Juni 2014, karena pimpinan memberikan kepercayaan untuk bertugas disini. 

Sejak diangkat menjadi militer pada tahun 1996, ini bukan kali pertama saya berlebaran tanpa berkumpul dengan sanak saudara di kampung, sebab di satuan lama saya di Divisi 1 Kostrad Cilodong, saya hampir gak pernah mudik ke kampung halaman pada saat lebaran, ini bukan tanpa alasan, seorang Tentara memang harus siap mengabdikan diri demi bangsa dan negara.

Di setiap perayaan Idul Fitri buat saya, ada cerita tersendiri, namun salah satu cerita yang paling berkesan mungkin perayaan Idul fitri di Kota Kendari ini, kenapa ? Nah ini dia .....

Kota Kendari adalah ibu kota provinsi Sulawesi Tenggara,  disamping masyarakatnya yang ramah, Kota ini  juga bersih dan indah. Suatu hari saya di temani oleh seorang anggota saya untuk jalan-jalan mengitari Kota ini, saat itu saya kagum sebab disepanjang jalan saya tidak melihat satupun sampah yang berserakan. Hal ini dikarenakan disetiap sudut jalan dan tempat-tempat tertentu pemerintah menyiapkan tong dan tempat-tempat sampah. Pembangunan pun mulai marak disana-sini. 

Seperti di kota-kota lain kuliner lebaran memang identik dengan Opor ayam dan Ketupat, disinipun juga sama Opor ayam dan Ketupat adalah menu utama yang menghiasi meja makan. Hanya saja yang membedakan dengan kota lain adalah disamping opor ayam dan ketupat tersebut ada pula tape ketan hitam, buras dan lepet. Pagi buta masyarakat telah tumpah ruah di seputaran lapangan MTQ untuk melaksanakan shalat ied, memang pemerintah kota Kendari telah membagi sektor untuk pelaksanaan shalat ied tersebut, tetapi masyarakat lebih senang melaksanakan shalat ied di tempat ini oleh sebab ditempat inilah para pimpinan-pimpinan kota kendari melaksanakan shalat. Mungkin masyarakat ingin shalat bersama pimpinan mereka. Kedekatan antara masyarakat dan pimpinan bagi saya sungguh suatu pemandangan yang indah. 

Inilah sedikit catatan-catatan kecil dari saya, orang yang baru menginjakkan kaki di kota ini, semoga kedepan banyak cerita-cerita indah yang saya temukan disini. Amin.













               

25 July 2014

0 Ramadhan, Pergi Untuk Kembali

Bersamamu damailah jiwa
Segalanya terasa begitu nikmat
Kemesraan selalu ada pada tiap detik-detik waktu
Tiada yang mampu menandingi indahnya zaman
Jika itu ada denganMU
Terlalu banyak kemanisan yang kau berikan
Sehingga aku tak mampu menghitungnya
Namun kini kau bergegas untuk pergi
Pergi untuk kembali..!!!
Tak mampu tangan menahan dikau untuk berlalu
Dapatkah cinta ini kan abadi walau kau
telah pergi..!!
Sebulan lamanya
Kau ajarkan pada sesuatu yang satu
Kau menuntunku pada langgkah-langkah yang terbaik
Dengan lembut kau bangunkan aku ketika tidur
Dalam tidur pun kau s’lalu bisikkan syair-syair cinta
Dalam teriknya panas kau setia bawakan kesejukan
Diakhir penantian,
Kau sirami bumi ini dengan kesejukan
Ya... Allah
Mungkinkah hamba masih diijinkan untuk bertemu denganya
Kau pasti tahu dia kini akan pergi,
pergi untuk meninggalkan aku
Ramadhan Yaa.. Ramadhan
Aku akan selalu merindukanmu..

01 July 2014

1 TAHUKAH KAMU CINTA ?

Mungkin ini sebuah kecukupan rasa..
Kecukupan yang selama ini kucari
kecukupan yang kutemukan semuanya didirimu..

Tahukah kamu cinta ? 
ada bayang bayang yang senantiasa bersama..
Bayang bayang tentang mu yang merubah banyak hal tentangku, juga mungkin tentang kita..
Kamu tahu dengan sangat gamlang pesan pesan syurgawi yang kusampaikan
Yang ku ujar meski dalam canda....
Kamu juga sangat tau apa apa yang kurang dari diriku......

Namun tahukah kamu cinta ? 
sampai sekarang aku masih belajar menerima pengaturan-pengaturanmu dengan lapang
Sebab pada dasarnya aku cukup sulit menerima sebuah perubahan....
Namun jika banyak yang bilang cinta mampu merubah banyak hal ,
Maka dengan alasan itu, entah kenapa aku menyukai setiap perubahan yang terjadi didalam diri,
Menikmati omelanmu yang kadang kadang segera kuakhiri dengan mencubit hidungmu
Menikmati tiap jengkal diri yang kupikir semangkin hari semangkin tak biasa dari yang pernah ada..

Tahukah kamu ada kelegaan yang datang ketika baru saja kulihat senyummu yang renyah....
Meski penat telah mewarnai hariku.........
Juga kadang ada sebentuk kesyukuran yang tak bisa ku ekspresikan kepadamu,....
Tentang beruntungnya aku memilikimu
Sikap yang biasa-biasa saja adalah tawa bagiku..
Bagaimana bisa dua orang dengan karakter yang berbeda bisa bersama...
Sedangkan aku yg meletup letup ini bertemu dengan
Engkau yang "adem ayem" sering sekali membuat suasana menjadi kacau, tak sesuai harapanku..

Tapi tahukah kamu cinta..semuanya tak kan pernah membuatku berhenti untuk mencintaimu

Aku mulai paham ekspresi rasa sayangmu yg sangat berlogika
Ekspresi yg berseberangan denganku yg lebih sering berdeal etika
Meski sejatinya aku lebih menyukai caramu....hehehe
Karena kebaikan dan ekspresi cinta dengan lakon itu jauh lebih terasa
Dibanding kata-kata mesra yang penuh bumbu-bumbu manis belaka..
Kau punya itu, hingga sejak awal aku sudah bahagia dengan mengatakan sayang dan cinta kepadamu
Karena kutahu kamu  merasa itu perkataan sakral yang akan kamu katakan jika benar-benar dari hatimu..

Namun tahukah kamu cinta..
Ribuan ekspresi ini adalah gambaran betapa benar-benar telah merasa kau adalah bagian dari diriku
Aku sempat heran dengan segala yang terjadi saat ini..
Kelegaan rasa, semangat melangkah, juga mungkin tak kenal lelah dalam menyempurnakan perubahan
Maka setiap jengkal kisah kebersamaan kita, telah menjawab semua pertanyaan kenapa aku berjodoh padamu
Sebab Allah memang tahu bagaimana menjadikan perempuan dan laki-laki bersama dalam satu cinta
Allah punya cara ajaib untuk membuat dua warna yang berbeda...,
Dengan latar belakang yang berbeda, budaya yang berbeda, kebiasaan dan juga karakter yang berbeda menjadi demikian padu dalam kebersamaan penuh cinta menuju ridho-Nya

Jika mungkin, kita masih lalai dalam kebersamaan itu 
Mudah-mudahan selalu ada banyak kesempatan kedepan untuk membuktikan kepada Allah
bahwa kebersamaan kita adalah salah satu cara menuju Syurga...Amiin




01 November 2013

6 ARTI CINTA

Jangan terburu berkata cinta,
Mungkin itu dusta saja...
Kenali saja dahulu hingga kejujuran membuktikannya, ..
Karena cinta memang tdk sekedar hanya kata..
Makna cinta lebih tinggi dari berbagai deskripsi-deskripsi
Ia merupakan inti kebahagiaan seorang hamba..

Tidak usahlah berkata cinta,
Atau berusaha membuktikannya..
Rasakanlah saja dulu teduhnya hati  
Saat jiwa itu menjadi tenang dan diam..

Tanyakanlah kepada Nurani,
Apakah kebebasan berfikir liar itu membuatnya tenang ?
Apakah kebebasan itu membuatnya bahagia ?
Ataukah hanya membuat jiwamu tersiksa, 
Waktu yang terhimpit membenamkanmu dalam perasaan bersalah dan khawatir.

Begitulah hati yang tidak pernah berdusta
Kekhawatiran laksana cahaya lilin ditebing curam
Cahaya iman yang hampir padam.......
Menanti raga yang tenggelam dalam kebebasan.


31 October 2013

3 Mulia Dengan Memaafkan

Suatu sedekah tidak akan mengurangi harta
Allah tidak akan menambah kepada seseorang yg suka memberi maaf kecuali kemuliaan
Dan seseorang tidak merendahkan diri karena Allah kecuali Allah mengangkat orang tersebut....

Memberi maaf berarti bersedekah, dan Allah akan meninggikan derajatnya..
Inilah hal yg membuat jiwa menjadi tenang dan lapang..untuk MEMAAFKAN...
Karena dalam sikap memaafkan itu ada seni dan estetika mulia
Dimana ia meraih pujian dari Allah SWT....bukan sekedar nilai dari manusia...

Sifat pemaaf ibarat lambang kepribadian yg indah dan menawan
Sebab didalam sanubari orang yg suka memaafkan biasanya tersimpan keikhlasan dan kerelaan hati yg suci...
Orang pemaaf itu pastilah terhindar dari sifat dendam..
Dia menganggap bahwa kesalahan orang lain terhadapnya itu merupakan "kekeliruan" dan kelemahannya sebagai manusia...
Dan jiwanya yg lapang kemudian akan mengajak pribadinya terus melangkah tanpa beban
Yang menahan dan bebas dari prasangka yg menyesatkan....

Beda halnya dengan sikap yg pelit dalam memaafkan...
Dengan sendirinya hal itu akan menebarkan masalah lain
Kita telah dengan sengaja menyakiti hati saudara kita yg telah melembutkan hatinya untuk minta maaf...

Saat kita memutuskan untuk membenci..
Dihati kita ada titik hitam..atau berupa ruang yg tertahan atas nama kebencian..
Dari ruang itu terciptalah ruang ruang kebencian lain didalam kehidupan nyata kita
Ruang hidup kita menjadi lebih sempit dari biasanya..

"Barangsiapa memaafkan saat dia mampu membalas, maka Allah akan memberinya maaf pada hari kesulitan"
@HR Ath-Tahabrani
 

Gubuk Blekenyek Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates