26 November 2009

Sepenggal Rasa Yang Tersisa

sepenggal rasa yang tersisa
berkecamuk dalam sukma
yang tak bisa berharap pada kata
sebab hati telah bicara

ku genggam hati mu
dalam bayang tak berbias
merangkai langkah -langkah rapuh
yang tak lagi pernah mendayuh

sudut samudera telah kering
sebab tak lagi bisa menangis dalam malam-malam tak berbintang
karena berharap cinta dari mu wahai sang puteri

terasa bagai mimpi kau ada disini
mengisi rusuk ku yang patah karena tercipta untuk mu
tapi semua telah berakhir sebab dirimu tak bisa bertahan dari semua goda

kau buat aku tercampak pada liang- liang duka
meratap pada dinding-dinding pemisah
sungguh tega....
tak lagi setia

aku masih ingat kala kau mengenakan jilbab itu
menenteng kitap suci untuk mengaji
bagai puteri kahyangan dirimu
menari-nari di singgasana pelangi

cantik dan baik rupa pekerti mu itu
hingga aku jatuh cinta pada mu
tapi rupa pergaulan dan harta merubah mu
sajadah tak lagi kau sentuh
jilbab tak lagi kau pakai
bujuk manis rayuan telah membutakan akal sehat mu

siapa jua yang membimbing mu kelak
menemanimu membaca kitab suci
memimpin mu menghadap Ilahi
menjadi Imam dalam sholat-sholat mu kelak
atau membacakan ayat-ayat suci jika kau ke liang lahat
bukan kah bacaan pendamping mu yang lebih afdol dari semua ?

apakah nanti kau tak rindu akan shalatmu ?
apakah kau nanti tak rindu pada sosok ayah yang membawa anak nya sholat di
masjid ?
dan apakah tak rindu membaca kitab suci bersama pasangan yang lebih faham ?
kelak kau akan meratapi nasip karena jauh nian dari Allah yang Esa
manusia akan pergi membawa apa yang telah di perbuat nya di dunia ini.

kesenangan-kesenangan duniawi tak ada arti
harta tinggal lah ia bagai seonggok sampah.

Hanya Allah Tuhan yang satu yang tidak ada Tuhan lagi selain Dia
tempat bersandar diri.






Depok,
kamis 26/11/2009
pukul 2.15 dini hari

103 komentar:

Unknown said...

Lho.. kok gambarnya orang meninggal ?? Apakah benar dia udah meninggal mas ? Ini kisahmu beneran yah ?

H. Edy Mulyono said...

innalillahi wa inna illaihi ro'jiun

setiap manusia ataupun mahluk hidup di dunia akan kembali pada sang penciptanya...

hik hik ikut berduka cita kak...

Unknown said...

@ Lina Marlina...

duh...bukan Mba Lina...
sajak ini hanya mengingatkan
bahwa kelak kita akan mati

Unknown said...

@ Khusnul ....

Makasih ya Dik atas Koment nya...

tapi kaya'nya adik salah penafsiran deh...

sajak ini bercerita tentang seorang lelaki yang ditinggal pergi oleh kekasihnya dengan lelaki lain...hanya karena harta dan bujuk rayu seseorang...
Oleh karena pergaulan, harta dan bujuk rayu org tersebut, sang kekasih ini telah jauh meninggalkan Allah..bahkan menuju kesesatan...dia percaya bujuk rayu org tersebut yg jelas2 tak XX(maaf)
Si cewe ini
tak lagi mengenakan jilbab dan
tak lagi sembahyang

Nah...sang kekasih yang ditinggalkan ini mengingatkan
Contoh dlm penggalan kata :

Siapa jua yang membimbing mu kelak
membaca kitap suci dst...
kesenangan-kesenangan duniawi tak ada arti
harta tinggal lah ia bagai seonggok sampah.

Nah ..gitu ceritanya...

Donny said...

Oh iya...mungkin puisi ini cocok juga untuk pemenang Putri Indonesia 2009

asepblog'z said...

setiap detik setiap waktu hati manusia selalu berubah, dan yang paling sulit bagiku adalah memantapkan keimanan, semoga ALLAH S.W.T. megampuni segala dosa-dosaku amin. . .

Unknown said...

salam sahabat
Kak Wilyo bikin saya gimana gitu,semua ini ada hikmahnya kak,aduh jan buat saya terkesima,thnxs n good luck ya

Unknown said...

"kejarlah pangkat dan jabatan… ia akan hilang bila kita di berhentikan
kejarlah popularitas dan ketenaran…… ia akan hilang bila kita dilupakan
semua akan pergi meninggalkan……… atau akan ditinggalkan
hidup umpama meniti di atas dahan yang rapuh hanya menanti masa untuk patah dan jatuh
bila sampai masanya……
maka kejarlah amal sholeh, ridho dan cinta ilahi
agar jadi bekal di akhirat sana

SeNjA said...

aku baca puisi ini berulang kali pak ^_^

mencoba memahami maksud sang penulis,akhirnya aku bisa sedikit mengerti.
maknanya sangat dalem banget... kekecewaan thp seorg gds yg dicintai,karena gadis itu lebih memilih meninggalkannya dan meninggalkan sgala hal indah termasuk jilbab dan kecintaannya pd Sang Pencipta.

bagus pak ^_^

meskipun menurut aku agak kurang pas digambarnya,karena gak sesuai dgn puisinya pak.
maaf,...ini puisi lebih cenderung ke puisi cinta jadi gmbrnya agak sedikit hemmm,... hehe...

* nah menurutmu apa kesan aku dgn puisi ini benar atau salah ?? mksh y udh ngundang aku untuk baca puisi indah dan sarat makna ini.

Johnson Manurung said...

Saya ikut prihatin dg yg telah terjadi, dan untaian kata2 tsb sarat dg makna kehidupan ... ah ... andaikata saja setiap orang membacanya tuk sekedar 'mengingatkan' ... !

Terus berkreasi bung Willyo sahabatku, Curahan hati Anda melalui tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya bahkan semua insan.

Salam hangat

elpa said...

bener juga ada yg silau harta hingga memilih berubah sikap juga sifat demi laki2 kaya...tak terpikir suatu hari harta itu bs lenyap sekelip mata,tapi klo memilih yg bisa membimbing kita dunia akherat Insyaallah tanpa hartapun bs hidup bahagia,berkah, di rahmati Tuhan.Hidup akan lebih bermakna.ingat kita hidup di dunia ini hanya sementara saja,hanya menumpang..selebihnya di alam sana setelah kematian amal selama kita hidup di dunia akan di timbang,dan akan di pertanyakan.sanggup kah roh kita menjawab smua pertanyaan yg malaikat sampaikan,seberapa berat amal perbuatan kita...duh jadi merinding...jangan sia2kan selagi bs bertobat bertobatlah sebelum terlambat.ingat PILIH YG BISA MEMBIMBING KITA....

Unknown said...

oh gitu yah ? hehehe... kayaknya ga aku aja tuh yg salah tafsir.. :D

eko risanto said...

wah... kayaknya ada realita dibalik proses kreatif mu itu ya mas ? tapi yang paling penting adalah hikmah yang bisa ditarik dari puisi ini. salam

narti said...

sedih bacanya...
semoga segera terketuk pintu hatinya untuk kembali ke jalan yang benar...

sda said...

memang kadang begitu ya, harta menjadikan kita lupa...
semoga segera insyaf...

Muchlisin said...

Mengingatkan pada kematian: menambah nuansa ruhiyah hari arafah ini

ina said...

setiap yg bernyawa...
pasti akan mati......

kita siapkan segalanya ajah...
biar diberi t4 terbaik disana...

makasih kag...
udah mengingatkan....

alkatro said...

ilustrasi imagenya keren banget..
tiada dosa bebas tanpa balas.. mumpung masih ada waktu,
yang penting kita terus berusaha untuk memperbaiki diri, sretuju komandan? he he:)

Anonymous said...

Penuh dengan makna dan pesan kehidupan. Setiap Makhluk Allah SWT yang bernyawa pasti akan menemui sang maut, namun maut itu datangnya tak bisa di duga-duga dan tak kenal waktu.

Unknown said...

hmmm.. seperti biasa.. mas wilyo mang jago kalo buat puisi atau syair2 kaya gini.. apalagi yang berhubungan dengan suara hati.. aku kasian sama si cewe ini karena dia sampai lupa sama sang penciptanya..

Anonymous said...

Sajak bagus mas, semoga bermanfaat dan membuat kita ingat kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa..

dwell said...

wah keren brow sajaknya......mendayu dayu dan menyentuh hati.....kalo baca ini mwusti pake cermin hati biar tau isinya.....hedonism!! ni smoga ga sampai ke hidup ane dah brow.....THX

RichaRie said...

sering2 berkunjung di tempat kang wilyo ini lama2 jadi pengen nulis puisi juga neh ahhahahah..ajaring kangggggggggg

Seri Bahasa said...

benar tu bila kita meninggalkan dunia ini hanya amal dan kain kafan yang akan menyertai kita. justru ketika di dunia kita digalakkan melakukan perkara-perkara yang bisa menambah amal kita.

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Ada yang ramai diantara yang sunyi, seperti halnya ada yang akan datang diantara yang pergi..
Puisi yang indah.

Unknown said...

kesenangan-kesenangan duniawi tak ada arti
harta tinggal lah ia bagai seonggok sampah...

bener sob..kita Tidak mungkin mbawa "sampah"2 itu klo kita mati..

lina@happy family said...

Hmm, harta dan godaan dunia memang bisa menggoyahkan iman seseorang...
Puisinya 'dalam' banget nih.

Admin said...

berkunjung ke tempat kang wilyoo....
mantap puisinya broo.. gak coment takut salah tafsir ...maaf

kurniawan.q said...

salam sahabat maaf ya baru kalinin saya online abis sibuk sihrametnro

Unknown said...

@ Donny....

kaya'nya emank Bisa juga sob...

Unknown said...

@ asepblog'z ....

Amin...

willyo Alsyah said...

@ Dhana/戴安娜 ...

Yupz Semua ada hikmahnya...

willyo Alsyah said...

@ rahmatea ....

Setuju Sob..Kejarlah amal shaleh...

willyo Alsyah said...

@ SeNjA ...

Makasih ya...udah baca berulang2 kali..masukannya sy terima..thanks ya..

willyo Alsyah said...

@ Johnson Manurung ....

Makasih Sobat...semoga bermanfaat..

willyo Alsyah said...

@ elpa ....

Bener dan ini terjadi ..fakta nyata..

willyo Alsyah said...

@ Lina Marliana ...

Heheheh....ya ada juga..

willyo Alsyah said...

@ eko risanto ... klo saya boleh jujur ..memank ya..a realita dibalik ini semua..

cahyadi said...

puisi yang indah dan mencerahkan mas...

willyo Alsyah said...

@ narti ...
Susah Mba...wong hatinya udah buta gitu..

willyo Alsyah said...

@ sda ...

Amin...

Unknown said...

@ Muchlisin ..

Amin...

willyo Alsyah said...

@ ina .... Sama2 Dik...

willyo Alsyah said...

@ Jiox ...

Makasih sob...

willyo Alsyah said...

@ Nurtony ....

Maut memang misteri sobat...

willyo Alsyah said...

@ Ambar ...

Yah..sebenarnya sih kasian...tapi mongapain lagi..dia aja ga' kasian sama dirinya sendiri..

willyo Alsyah said...

@ AmruSite .....

Amin..

willyo Alsyah said...

@ dwell ... Makasih ya...

Unknown said...

@ RichaRie ..bisa cha..insya Allah sy bantu..

willyo Alsyah said...

@ Seri Bahasa ....betul sob.. makasih ya..

Unknown said...

@ Seti@wan Dirgant@Ra ...

Ada yk dtg dan ad yang pergi..makaish sob..

willyo Alsyah said...

@ aan ... Betul sekali sobat

Unknown said...

@ lina@happy family ...

Betul sob... dan ini nyata..

Unknown said...

@ Ipin ....

heheheh...makasih ya..

Unknown said...

@ Kurniawan.q ...

Ga..apa2 sobat..

desti said...

hmmm...dalem juga...

blognya oke nih!!
visit blogku ya...

ibnu andhika said...

setiap yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya tetapi kita yang hidup berusaha menjadikan sisa hidup ini penuh bermakna dan berguna

beblogseo said...

nice blog i like this ,thank you

Sohra Rusdi said...

BETUL YA MAS ADA WANITA YANG NGGAKKUAT IMANNYA KASIHAN DIA MATI DALAM KEHINAAN TIADA AKHIR

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× said...

Ikut bela sungkawa bang....semoga arwahnya di terima disisi Alloh SWT.Amin

B M I said...

Rejeki umur jodoh di tangan Alloh SWT,kita sebagai umatNya hanya berbuat apa yang akan terbaik buat kita dan orang lain,tatkala kita tak mampu menerima musibah adalah teguran ada baiknya bila kita mengajak kawan untuk meringankan.nice posting jadi semangat nich...

ryva said...

harta dan kekayaan bisa merubah seseorang dan membuat orang itu lupa diri. Biasanya penyesalan di belakang, bagus banget puisinya

Rizkyzone said...

let's gone be by gone sob..... kekasih pergi y cari lagi

al-basri said...

salam,
saya mengesani nada pengajaran, harapan dan ingatan dalam karya ini. satu garapan yang menyeluruh dan indah.

senang sekali menghayatinya...
terima kasih sobat, salam sukses

Sohra Rusdi said...

baca puisi lagi yang bisa untuk introspeksi diri makasih udah posting puisi ini mas

SeNjA said...

tampilan gambarnya lebih pas sob ^_^
puisi ini jd terasa lebih menyentuh *_*

smg bisa kau temukan bidadarimu kembali,..

moviedigi said...

hmmm...multitalent nie.soldier but poempiest hehehe

- - Oda - - said...

Jangan menunggu, tapi ikhlaslah jika saatnya tiba. ^_^

sabda cahaya said...

salam kenal mas...puisinya sarat dengan makna...nice poems

willyo Alsyah said...

@ desti ...

Oke sobat ...aku akan datang..makasih ya..

Unknown said...

@ ibnu andhika ...

Betulll...setuju sobat...

willyo Alsyah said...

@ beblogseo ...

Terima kasih ...sudah menyukai blog saya

Unknown said...

@ Munir Ardi ....

Ada mas...cuma dia blon meninggal...
mudah2an saja bisa sadar..

willyo Alsyah said...

@ ×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷×

Thanks sob...raganya blon mati sob..tapi MUNGKIN jiwanya yang mati..

willyo Alsyah said...

@ B M I ... Amin ...

willyo Alsyah said...

@ ryva ...

Memang Sob... banyak yang terjadi seperti ini.. semoga bisa menjadikan pelajaran buat kita..

willyo Alsyah said...

@ Rizky2009 ....

Makasih sob...jadi saran sobat cari lagi nih... oce deh..

Unknown said...

@ al-basri ....

Terimakasih sob..sudah senang menghayatinya

Unknown said...

@ SeNjA ... makasih ya atas masukannya...

Unknown said...

@ Munir Ardi

Sekali lagi Terimakasih...sob..

Unknown said...

@ moviedigi ...

Makasih ya... tapiaku masih belajar sob..

Unknown said...

@ - - ichi - -

Thanks ..aku akan ikhlas..

Unknown said...

@ sabda cahaya ...

sama2 mas.. semoga karya2 saya dapat terus di nikmati oleh para sahabat..

sch4tzi said...

kak ajarin edit blog yang bagus dong

putra site said...

bagus banget :)

oh ya,mau tekeran link ga?

kalau mau hubungi web saya di
www.putraunj.blogspot.com
atau
www.jepang.tk

makasih mas,saya doakan sukses selalu :)

Unknown said...

kalimat2nya bagus sekali
bagus buat dijadiin nasyid^^
met idul adha y

Wals... said...

Adikku...
kita pernah hidup di suatu senja..
Menghadang segala segala coba dengan cinta
aku berharap
agar indah itu tak pernah hilang
sampai ajal menutup mata...

Dream Competition said...

Begitulah...kalau hati sedang di tergoda bro.Bujuk rayu tak mempan hehehe.Semoga berkat dirimu si dia mau bertobat lagi nantinya.Selamat hari Idul Adha.

Anaa said...

teruslah meluahkn ekspresi, bakat semakin diasah kan cemerlang tntu dgn ttp mnjg batasan.

sajakx smkn brmakna, wlu tdk smua mmahami, tp pujangga tau minimal org yg jg mnyukai sastra sdkt bnyk bs mnangkap maknax...

informasi peternakan ayam said...

wah saya tidak pernah terbayang membuat puisi yang sebagus ini, perlu belajar dar sini kayaknya.
salam

nathalia cornelis said...

puisinya bagus, thx mengingatkan untuk selalu dekat dengan ALLAH

I Know You Know said...

wow..tumben nih kang wilyo hari ini blog nya gak ada pop up. slamet kang :p

Unknown said...

@ sch4tzi .........

Insya Allah kk bantu...tapi kk liat blog km udah baus tuh..

Willyo ALsyah said...

@ putra site ...

Makasih ya...oya..boleh silahkan

Willyo ALsyah said...

@ Mayyadah ...

Makasih Bu....klo dibuat nasyid silahkan Bu...

Unknown said...

@ Wals...

Makasih ya...
aku berharap
agar indah itu tak pernah hilang
sampai ajal menutup mata...
bagus kata2nya...

Willyo ALsyah said...

@ AISHALIFE-LINE ...

Semua tlh dilakukan Mba..tapi tak ada arti

Willyo ALsyah said...

@ Anaa .........

Makasih sarannya...

Willyo ALsyah said...

@ informasi peternakan ayam...

Makasih sdh dibilang bagus...cuma saya juga masih belajar sob...

Willyo ALsyah said...

@ goresan lia ....sama2 mba ..

Unknown said...

@ I Know You Know ...Makasih...

Elsa said...

waduh, ngeri banget ya godaan harta dan pergaulan bebas...

grosir gamis said...

tulisannya bagus...aku suka..keep posting ya

grosir gamis