18 April 2010

Istri Shalihah itu seperti apa sih


Sifat istri shalihah bisa kita rinci berikut ini berdasarkan dalil-dalil yang disebutkan setelahnya:

1. Penuh kasih sayang, selalu kembali kepada suaminya dan mencari maafnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257. Silsilah Al-Ahadits Ash Shahihah, Asy- Syaikh Al Albani rahimahullah, no. 287)

2. Melayani suaminya (berkhidmat kepada suami) seperti menyiapkan makan minumnya, tempat tidur, pakaian, dan yang semacamnya.

3. Tidak memberikan Kemaluan nya kecuali kepada suaminya.

Al Quran :

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. (an-Nuur: 2-3).

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk,” (al-Israa’: 32)

“Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina,” (al-Furqaan: 68-69).

“Hai Nabi, apabila datang kepadamu perempuan-perempuan yang beriman untuk mengadakan janji setia, bahwa mereka tiada akan menyekutukan Allah, tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan kepada Allah untuk mereka. Sesungguhnya Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (al-Mumtahanah: 12).

HADIS :

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Tiga jenis orang yang Allah tidak mengajak berbicara pada hari kiamat, tidak mensucikan mereka, tidak melihat kepada mereka, dan bagi mereka adzab yang pedih: Orang yang berzina, penguasa yang pendusta, dan orang miskin yang sombong,” (HR Muslim [107]).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwasanya Rauslullah saw. bersabda, “Tidaklah berzina seorang pezina saat berzina sedang ia dalam keadaan mukmin,”

Masih diriwayatkan darinya dari Nabi saw. beliau bersabda, “Jika seorang hamba berzina maka keluarlah darinya keimanan dan jadilah ia seperti awan mendung. Jika ia meninggalkan zina maka kembalilah keimanan itu kepadanya,” (Shahih, HR Abu Dawud [4690]).

Diriwayatkan dari al-Miqdad bin al-Aswad r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda kepada para sahabatnya, “Bagaimana pandangan kalian tentang zina?” Mereka berkata, “Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkannya maka ia haram sampai hari kiamat.” Beliau bersabda, “Sekiranya seorang laki-laki berzina dengan sepuluh orang wanita itu lebih ringan daripada ia berzina dengan isteri tetangganya,” (Shahih, HR Bukhari dalam Adabul Mufrad [103]).

4. Menjaga rahasia-rahasia suami, lebih-lebih yang berkenaan dengan hubungan intim antara dia dan suaminya. Asma’ bintu Yazid radhiallahu ‘anha menceritakan dia pernah berada di sisi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu kaum lelaki dan wanita sedang duduk. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya: “Barangkali ada seorang suami yang menceritakan apa yang diperbuatnya dengan istrinya (saat berhubungan intim), dan barangkali ada seorang istri yang mengabarkan apa yang diperbuatnya bersama suaminya?” Maka mereka semua diam tidak ada yang menjawab. Aku (Asma) pun menjawab: “Demi Allah! Wahai Rasulullah, sesungguhnya mereka (para istri) benar-benar melakukannya, demikian pula mereka (para suami).” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jangan lagi kalian lakukan, karena yang demikian itu seperti syaithan jantan yang bertemu dengan syaitan betina di jalan, kemudian digaulinya sementara manusia menontonnya.” (HR. Ahmad 6/456, Asy-Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Adabuz Zafaf (hal. 63) menyatakan ada syawahid (pendukung) yang menjadikan hadits ini shahih atau paling sedikit hasan)

5. Selalu berpenampilan yang bagus dan menarik di hadapan suaminya sehingga bila suaminya memandang akan menyenangkannya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

6. Ketika suaminya sedang berada di rumah (tidak bepergian/ safar), ia tidak menyibukkan dirinya dengan melakukan ibadah sunnah yang dapat menghalangi suaminya untuk istimta’ (bernikmat-nikmat) dengannya seperti puasa, terkecuali bila suaminya mengizinkan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya”. (HR. Al-Bukhari no. 5195 dan Muslim no. 1026)

7. Pandai mensyukuri pemberian dan kebaikan suami, tidak melupakan kebaikannya, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur.” Ada yang bertanya kepada beliau: “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab: “Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri (tidak mensyukuri) kebaikannya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang di antara mereka (istri) setahun penuh, kemudian dia melihat darimu sesuatu (yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata: “Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali.” (HR. Al-Bukhari no. 29 dan Muslim no. 907)

8. Bersegera memenuhi ajakan suami untuk memenuhi hasratnya, tidak menolaknya tanpa alasan yang syar’i, dan tidak menjauhi tempat tidur suaminya, karena ia tahu dan takut terhadap berita Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak (enggan) melainkan yang di langit murka terhadapnya hingga sang suami ridha padanya.” (HR. Muslim no.1436)

9. Melegakan hati suami bila dilihat. Rasulullah bersabda, ”Bagi seorang mukmin laki-laki, sesudah takwa
kepada Allah SWT, maka tidak ada sesuatu yang paling berguna bagi dirinya,
selain istri yang shalehah. Yaitu, taat bila diperintah, melegakan bila
dilihat, ridha bila diberi yang sedikit, dan menjaga kehormatan diri dan
suaminya, ketika suaminya pergi.” (HR Ibnu Majah).

10. Amanah. Rasulullah bersabda, ”Ada tiga macam keberuntungan (bagi
seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang shalehah, kalau kamu
lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan
dirinya dan hartamu …” (HR Hakim).

11, istri shalehah mampu memberikan suasana teduh dan ketenangan berpikir
dan berperasaan bagi suaminya. Allah SWT berfirman, ”Di antara tanda
kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu
sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam
hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang
berpikir.”(QS Ar Rum [30]: 21).

Demikianlah Istri shaleha itu menurut Kitab Suci Al Quran dan Hadis2 sahih....
semoga Anda termasuk di dalam nya....

*dari berbagai sumber*


103 komentar:

Rock Sunday, 18 April, 2010  

Makasih untuk sharingnya mas Willyo...

Hdsence Sunday, 18 April, 2010  

sebuah renungan yg bagus nie mas, pencerahan utk esok setelah berkeluarga..

nice,,,thxs

elpa Sunday, 18 April, 2010  

mantabbb bang,mau jd istri yg shalihah,niat ku moga berkah y..amin

alkatro Sunday, 18 April, 2010  

aku dattaang, wah bagus untuk bekal ane nih.. mantaf.. met liburan bang :)

kurniawan.q Sunday, 18 April, 2010  

trimakasih atas infonya maaf baru berkujunjung kembali

senja Sunday, 18 April, 2010  

makasih untuk tulisan ini,..bagus sekali mas terutama untuk para wanita....

happy weekend sahabat.....

BeDa Sunday, 18 April, 2010  

Semoga istri-sitri kita termasuk yang shalihal seperti artikel ini. Demikian pula, bagi yang belum menikah semoga mendapatkan istri yang shalihah seperti ini.

Salam ukhuwah

Justmeilani Sunday, 18 April, 2010  

Insyaallah aku bisa menjadi istri yang saliha,..thaks tulisannya. salam kenal y,..

catatan kecilku Sunday, 18 April, 2010  

Terima kasih... postingannya bisa menjadi bekal bagiku utk jadi istri sholihah.

the others Sunday, 18 April, 2010  

Sharing yg sangat berguna utk kaum wanita nih...

BTW, itu foto siapa ya...?

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 18 April, 2010  

@ Rock... sama2 sob..

@ Hdsence ... Amin...semoga mendapatkan Istri shalihah ya..

@ Elpa...Amin ... aku mendoakan ..

@ Alkatro... sama2 sob..semoga mendapatkan apa yag diharapkan..

@ kurniawan....sama2 sob...oya..kemana aja ...

agoez Sunday, 18 April, 2010  

Hm....Tulisan Yang Menarik......

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 18 April, 2010  

@ Adik ku, sahabat ku
senja...

sama2..terimakasih kembali

@ BeDa .... Amin..

@ Justmeilani ...Amin..aku doakan semoga menjadi istri shalihah kelak..

@ catatan kecilku ... Amin Insya Allah

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 18 April, 2010  

@ the others...
hmm..bukan cuma wanita saja sob..tuk pria juga agar pandai2 mencari pendamping

@ indra andriyadi..terima kasih

AD1N Sunday, 18 April, 2010  

good info sob.... sekaligus pencerahan buat yang belum & sudah menikah....

Newsoul Sunday, 18 April, 2010  

Postingan mantap. Ayo, para gadis harus baca ini, ya gak sobat ?

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 18 April, 2010  

@ agoez ..
terimakasih...semoga bermanfaat

@ AD1N ..
terimakasih semoga bermanfaat

@ Newsoul ...
yo'i bunda...ayo...baca...baca...hehehe

deadyrizky Sunday, 18 April, 2010  

semoga saya nanti mendapatkan istri solehah juga. Amiiinnn

Rizky2009 Sunday, 18 April, 2010  

setiap keindahan yang nampak oleh mata, hanya istri yang sholehah, semoga kelak aq bisa mendapatkan pendamping istri yang sholehah, amin

Herdoni Wahyono Sunday, 18 April, 2010  

Apabila ciri-ciri isteri yang shalihah ini ada pada kebanyakan wanita yang ada di muka bumi ini, alangkah indahnya dan nyamannya hidup ini. Dan tentunya diimbangi oleh suami yang shalih juga. Namun di jaman yang sudah mendekati akhir ini sepertinya tidak mudah menjumpai manusia yang shalih dan shalihah. Trims sharingnya sobat.

Bahauddin Amyasi Sunday, 18 April, 2010  

Setuju dengan Bunda Newsoul, para gadis harus baca postingan ini.

Dan tentu cocok juga buat bujang seperti saya ya, Kang.. paling tidak sebagai acuan awal..hehe

AdemAyem Sunday, 18 April, 2010  

tadi seperti di FB aku suka point yang ke tujuh...xixixixi,....semangat sob....

Bang Ancis Sunday, 18 April, 2010  

Hmmm memang bener tuh semua yg Mas Tulis, ane jadiin referensi aja, belom sampe sana soalnya, wkkk salam jumpa kembali...

Awaluddin Jamal Sunday, 18 April, 2010  

Semoga kelak bisa mendapatkan Istri yang seperti ini.., Amin..,

Terima kasih Mas sudah berbagi Ilmu..,

Muhni Sunday, 18 April, 2010  

bagus mas... nice... thx ilmunya...

Clara Sunday, 18 April, 2010  

artikel yang bagus...nanti bisa saya terapkan kalau mau nikah XD

fahrizal Sunday, 18 April, 2010  

soleha soleha soleha ... doain moga-moga kelak istriku solehah ya ...

Warna Tulisan Sunday, 18 April, 2010  

sangat bagus sahabatku, andaisaja setiap wanita membaca dan menjadikannya sebagai pedoman. Salam

sda Sunday, 18 April, 2010  

makasih artikelnya, sangat bermanfaat.

narti Sunday, 18 April, 2010  

semoga dapat meneladani baginda Rasulullah. amin3x

ipin Sunday, 18 April, 2010  

Istri yang saleha dambaan suami sholeh Betulll...

Iklan baris gratis tanpa daftar Sunday, 18 April, 2010  

betul shobat wilyo, laki-laki juga harus pandai mencari istri yang sholehah, jangan sampai pas punya anak baru kita merenung....

namun jika sudah terlanjur bagi laki-laki juga harus pandai membimbing dan mengayomi keluarga, kodrat laki-laki sebagai pemimpin keluarga


salam hangat shobat wilyo

Oyah Sunday, 18 April, 2010  

Seperti aq ... wehehe... sukses yaaa bwt mas Willy... lanjuuuutttttttt soooobbbb...

Mhya Sunday, 18 April, 2010  

semoga aku termasuk istri yang sholihah nantinya Amiin......

makasih mas infonya menjadikan pencerahan bagi kita semua...^___^...

unieqblog Sunday, 18 April, 2010  

mencoba tuk jadi lebih baik dengan siraman rohani seperti ini....

rahmatea Sunday, 18 April, 2010  

mantep artikelnya....

jauhi zina, karena zina itu sejelek jeleknya perbuatan.

semoga mendapatkan istri yang sholihah...yang menjadi idaman setiap suami, yang merawat dan melayani suami lahir dan batin, amin.

tresna Sunday, 18 April, 2010  

selamat malam . bertamu kembali :)

rumah blogger Sunday, 18 April, 2010  

sangat bermanfaat dan menyentuh batin saya..sungguh ngeri azab bagi pezinah..na'uzubillah himin zalik

sabirinnet Sunday, 18 April, 2010  

jaman sekarang zinah bukan hal yg baru atau tabu. sudah menjadi rahasia umum khususnya bagi generasi muda sekarang..mendekati zinah seperti sebuah keharusan. Ya Allah peliharakanlah kami dari perbuatan yg Engkau murkai, amin

angger Sunday, 18 April, 2010  

jika ciri-ciri tadi dimiliki seorang wanita,pasti dy akan jadi wanita sempurna yang diidam-idamkan kaum adam ya?

betul gak mas will??^_^

AdityaBlogsphere2 Sunday, 18 April, 2010  

luar biasa ajaran rasulullah...saya sangat kagum dan semoga calon istri saya bisa menjadi seperti itu, semoga saya bisa membimbingnya untuk lebih mendekatkan diri dengan ajaran rasul karena meski selama ini sudah begitu tapi masih kurang maksimal,makasih kawan

arbitter Sunday, 18 April, 2010  

saya seneng dengan tulisan ini, edukatif dan bermanfaat bagi umat :)

NIRMANA Sunday, 18 April, 2010  

permata terindah adalah istri yang sholihah, stujuh!

lina@happy family Monday, 19 April, 2010  

terima kasih pencerahannya...ini sangat penting untuk saya...

aan Monday, 19 April, 2010  

sebaik baik perhiasan tuh istri yg solehah ya sob..*waaa jd pengen cepet nikah,hehe

archv3nture Monday, 19 April, 2010  

tuntas,.padat berisi...artikelnya bermanfaat sekali buat para pria sang sdng mencari pasangan hidup...

tomo Monday, 19 April, 2010  

Shalikhah menurutku lebih identik dengan ketaatan kawan.Entah kepada suami atau kepada Allah

Bayu Lebond Monday, 19 April, 2010  

alhamdulillah...mbuk sudah memenuhi standar itu bung...walau sebagai manusia biasa mbuk juga gak luput dari kekhilafan...tp gak sampai melanggar norma agama n negara...tengkyu bung...

Seri Bahasa Monday, 19 April, 2010  

tidak ada manusia sempurna dimuka bumi ini. tapi carilah isteri2 yang bisa membahagiakan suami, menghormati orangtua kedua belah pihak dan tahu menjaga harta suami.

ivan kavalera Monday, 19 April, 2010  

Bekal yang sangat bermanfaat nih. Terimakasih abang. Benar-benar multi talenta. Sukses ya.

roza,  Monday, 19 April, 2010  

dah lama gak mampir, semakin berjaya sob...

zyngox Monday, 19 April, 2010  

semoga diriku dan istri-istri yang lain menjadi istri yang sahlihah, amin ya rabbalalamin

Osi Monday, 19 April, 2010  

Wil....swami yang baik nya mana ni ???

ditunggu lho postingnya

Thanks atas pencerahan akan istri sholeha

Frank Monday, 19 April, 2010  

dah lama saya tak berkunjung kesini mas hehe...
maaf kemarin2 agak2 menyibukan d iri hehe

salam blogger aja mas...

Bukan Sekedar Blogger Bertuah Monday, 19 April, 2010  

Masih terus belajar untuk menjadi istri yg sholehah ...Amin.
Semoga mendapatkan / mempunyai istri yang sholehah juga ya pak...:D

Chomisah Noer Monday, 19 April, 2010  

dan yg pasti istri yg sholeh itu adalah ketika dirinya berbakti dan hanya berhias untuk suaminya bukan untuk orang lain sprti zaman skrang yg kita lihat mereka mengenakan kerudung tapi mash berdandan menor....

tidak mengindahkan al-quran yg ada pada
“…dan janganlah kamu bertabarruj (yakni berhias dan bertingkah laku) seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu ….”. (al-Ahzab: 33)
ok nambahin aja nieh hehhehe

makash degh atas infonya bang

Chomisah Noer Monday, 19 April, 2010  

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. (an-Nuur: 2-3).

tapi kenapa zaman skrang gak ada di dear malah klw mereka belum nikah dikaawinin degh hehhehe

ya harus di dear setuju sangad coba aja tapi saat ini mana ada di wilayah jateng ada juga di aceh itupun klw ketahuan ya gak. nah hukum Allah mana lagi yg di dustkana kt

disatia febri Monday, 19 April, 2010  

insyaAllah bisa jadi istri yang shalihah... Amin.

attayaya Monday, 19 April, 2010  

ulasan yang sangat mantap
menurut adat jawa, memilihnya dengan menimbang bibit, bebet,bobot
semoga mendapat yang terbaik
tidak ada manusia yang sempurna

dimas Monday, 19 April, 2010  

wah tips yg bgus sob..
oy,ud q follow..
follow balik ya skalian tuker link..
mkci

fai Tuesday, 20 April, 2010  

tenkyu sharenya bro, jadi pengen cepet2 kawin. tapi ada yang mau gak sama orang aneh kaya gue, qiqiqiqiii....

salam kenal kawand

noenu Tuesday, 20 April, 2010  

wah... begono yah mas.. :)

Alvhie aja ga pake N Tuesday, 20 April, 2010  

semoga aku mendapatkan istri yang salehah..amieen

harto Tuesday, 20 April, 2010  

Semoga Mas Willyo bisa mendapatkan istri yang shaleha dan bisa menjadi keluarga yang SAMAWAR....amiin
(SAkinah MAwaddah WARahmah)

rijadi Wednesday, 21 April, 2010  

Postingan yang bagus, Semoga bermanfaat bagi kita semua dan Jangan semoga akan terus tetap berkarya terus ...

Shin-kun Wednesday, 21 April, 2010  

Renungan yang bagus banget Sob, doain Shin-kun yak, semoga dapat istri yang shalihah, paket jodoh dari ALLAH. Amiin... :)

pelangi anak Wednesday, 21 April, 2010  

subhanallah, sebegitu pentingnya bakti seorang istri pada suaminya.

dik Wednesday, 21 April, 2010  

sip infonyaaa, follow me sob

Rahad 2 Six Wednesday, 21 April, 2010  

bagus nih mas....
trims banget ya

web-by Thursday, 22 April, 2010  

ya ampun..
sungguh beruntunglah dia yang memiliki semua cri istri shalihah...

namun apkah masih ada dijaman sekarang???

senja Thursday, 22 April, 2010  

mengunjungi sahabatku lagi ^^

ega blog & all artikel Thursday, 22 April, 2010  

Maap sobatku baru berkunjung, wah tambah maju aja nie.. semangat yah...
oia sob mohon dukungannya di kontes negeriads.com solusi berpromosi dengan mengcopy paste link berikut di blog sobat. :)
negeriads.com solusi berpromosi

Awaluddin Jamal Friday, 23 April, 2010  

wah..
kok bisa gitu yah bang..
waktu saya sih lancar-lancar aja..

dheka Friday, 23 April, 2010  

artikel bguuus masss....

albertus goentoer tjahjadi Saturday, 24 April, 2010  

thanks bang untuk pencerahannya... maaf nih baru mampir lagi...

aktifis sandal jepit Saturday, 24 April, 2010  

kayake perlu juga belajar tips dan trik mencari istri sholehah.maklum jaman sekarang jaman sudah edan.....

maaf mas wilyo,baru bisa berkunjung...

unieqblog Sunday, 25 April, 2010  

berkunjung lagi om,,,sambil nunggu yang baru ^______^

rahmatea Sunday, 25 April, 2010  

berkunjung di hari minggu yang cerah.......met istirahat aja..

Munir Ardi Sunday, 25 April, 2010  

semoga yang akan datang betul-betul salihah mas

senja Sunday, 25 April, 2010  

sahabatku belum update ternyata ^^

eNeS Monday, 26 April, 2010  

Waduh, mau jadi ustad nih mas, hehehe...
Mantap sekali infonya. Sayang saya bukan termasuk istri salehah, maklum cowok, hehehe...

blogserba Monday, 26 April, 2010  

Great Post Mas, nich bisa dibuat acuan untuk yang belum berkeluarga ...

Siapapun Suka Tuesday, 27 April, 2010  

mantafff booos...jadi pengen nih,,,heheh:D


http://siapapunsuka.blogspot.com

h35ti - Bukan Sekedar Blogger Bertuah Tuesday, 27 April, 2010  

Makasih sob , atas dukungan nya kepada saya dalam kontes SEO pertama saya. Alhamdulillah masuk 10 besar nih ... :)

Ica Tuesday, 27 April, 2010  

Terimakasih pencerahannya...

Oh iya maaf ya kak, lama nggak nggak eksis ngeblog.... sesempatnya aja nih...

I2 Tuesday, 27 April, 2010  

Sip artikelnya...

Banyak postingan yang terlewati nih...

Ipin's cool Thursday, 29 April, 2010  

menyempatkan mampir di sela2 jadwal yg padat
thanks sobat selalu mampir ke blog ane yahhh

Dilarang Melarang Saturday, 01 May, 2010  

wah terimakasih atas sharingnya mas...

ghamebangget Sunday, 02 May, 2010  

wew cocok neh bwt saya yg baru habis menikah hehehehehe copas bwt bini di rumah :P

Katir Monday, 03 May, 2010  

siiippppp....
sebagai motivasi dalam berkeluarga....
biar menjadi keluarga sakinah mawadah wa rohmah....
makasih............

seo in blog Tuesday, 04 May, 2010  

kalo nyari istri solehah itu yang sulit sekarang

Ummiega Thursday, 06 May, 2010  

Kunjungan menjelang subuh di suguhi salahkah aku... download ya...

Team Ronggolawe Thursday, 06 May, 2010  

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010 Wednesday, 12 May, 2010  

Yang mau menamani di kala suka maupun duka.. :D jgn lupa mampir boz

QieFLy si Dolce Thursday, 13 May, 2010  

hye permisi dari malaysia....

nophie Friday, 14 May, 2010  

moga nophie termasuk istri sholehah.... ^_^

wandry Saturday, 15 May, 2010  

mantep tuh tulisannya, jadi pengen punya istri yang sholehah nanti (amin). Thank buat sharingnya bro.

Negeriads.com Solusi Berpromosi Wednesday, 19 May, 2010  

Nice post sob, semoga saja bermanfaat bagi kita semua

Anonymous,  Tuesday, 25 May, 2010  

Saya suka artikel anda.

Bagus sekali. semoga bahagia selalu.

Bung Jamil Tuesday, 25 May, 2010  

ISTRI SOLEHAH.

Dialah permata dunia. yang dirindukan surga dan membuat cemburu para bidadari.

ISTRI SOLEHAH.
Dialah sebaik-baik teman dalam hidup.

Cahaya diatas cahaya.

Rumah Sahaja Monday, 28 February, 2011  

Alhamdulillah.........
mendapatkan tambahan ilmu malam ini
terimakasih mas Will tekah berbagi...
salam silaturahim
salam ukhuwah
salam u/ kel semua

ĂșĂșa A Designed by LETDA CAJ AL ISMAN by THN 2013

Back to TOP