29 May 2013

10 Tanda -Tanda Orang Bahagia

Salah satu tanda orang sehat dalam hidupnya dan sering dijadikan patokan oleh orang-orang secara umum adalah orang BAHAGIA. Tanda-tanda orang bahagia menurut Gail Seehy ( dalam Harber dan Runyon 1984 ) adalah : 

1.  Hidup mereka memiliki arti dan arah.   Orang yang bahagia terlihat dengan adanya kemauan diri untuk mengikatkan diri pada sesuatu diluar dirinya ( berbentuk pekerjaan, ide atau visi ke depan ) yang dapat memberikan arti dan arah.

2.  Memiliki pengalaman transisi yang penting dari masa dewasa dan dapat menangani masa transisi tersebut dengan cara yang tidak seperti orang kebanyakan, lebih bersifat pribadi dan kreatif. Individu mampu menjalani hidup sesuai dengan rencana hidup yang dibuat pada masa sebelumnya secara berkesimambungan dengan sehat.

3.  Jarang merasa diperlakukan secara tidak adil atau dikecewakan oleh kehidupan.  Orang yang bahagia akan melihat kegagalan sebagai pengalaman untuk bekerja lebih baik dimasa mendatang.

4.  Mencapai tujuan hidup yang penting.   Orang yang bahagia dapat merasakan keberhasilan dalam keluarga  dengan hidup nyaman karena terpenuhi kebutuhan pokoknya.

5.  Peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan pribadi.   Orang yang sehat memiliki kejujuran, penuh cinta dan tanggung jawab terhadap tugas yang diterimanya

6.  Memiliki keadaan hubungan mencintai dengan yang dicintai secara mutualisme.   Keharmonisan dalam hubungan bercinta dapat memberikan kepuasan dalam hidup seseorang

7.  Memiliki banyak teman.   Mampu menjalin hubungan sosial dengan baik, terlihat dengan memiliki teman yang banyak dari semua kalangan

8.  Orang yang menyenangkan dan bersemangat

9.  Tidak melihat kritik sebagai serangan pribadi yang menurunkan harga diri

10.  Tidak memiliki ketakutan-ketakutan yang umumnya dimiliki orang lain

APAKAH ANDA SUDAH MEMILIKI 10 TANDA TERSEBUT  ???



7 komentar:

Munir Ardiku said...

saya belum bahagia nih pak masih belum lengkap 10 faktor diatas

Pakies said...

ke sepuluh ciri tersebut hanya bisa dicapai orang-orang yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang sangat baik Ndan. Soalnya di dadanya ada kelapangan dada atas apa yang dia hadapi di kekinian dan measa akan datang

Sheriel AL said...

Ok.

Sary Melati | @saryahd said...

alhamdulillah...

Edi - Aura Ide said...

Wah masih ada yang belum terpenuhi! Semoga kriteria lainnya segera terwujud, Aamiin!

Nuansa Pena said...

Semoga kriteria kebahagiaan diatas, dapat kita nikmati bersama!

Herdoni Wahyono said...

Hanya sedikit sekali orang yang benar-benar sukses di dunia ini. Kebanyakan hidup biasa-biasa saja, lebih banyak lagi yang hanyut oleh badai dan gelombang kehidupan yang dahsyat ini. Banyak orang yang silau dengan penampilan luarnya saja. Referensi yang amat menarik. Salam cemerlang.