15 December 2016

Donor Darah di Hari Juang Kartika 2016

Kendari 14/12/16 .    Assalamu alaikum Wr Wb.  Selamat pagi....
Pagi ini Aula Soedirman Korem 143/HO Kota Kendari nampak berbeda dari hari-hari biasanya. Beberapa personel TNI AD dari Korem dan jajaran, personel TNI AU, AL, Polri dan PMI berkumpul bersama melaksanakan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD tahun 2016. Sayapun ikut serta bersama lima orang anggota sebagai perwakilan dari satuan Ajenrem 143/HO Kendari.

Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang saya lakukan, baik jika ada acara tertentu atau pun tidak,  jika sudah tiba waktunya ( 2,5 bulan setelah donor terakhir ) saya usahakan untuk donor darah. Kali ini, sesuai jadwal  seharusnya saya melaksanakan donor darah pada bulan November tapi saya undur di bulan Desember untuk dapat berdonor darah bersama kawan-kawan dari TNI AU,  AL, Kepolisian dan masyarakat dalam rangka merayakan Hari Juang Kartika TNI AD bulan Desember tahun 2016. Dan Insya Allah kali ini adalah donor darah saya yang ke 55.

Manfaat Donor Darah.

Saya rasa kita semua tahu bahwa donor darah sangat membantu bahkan dapat menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkan darah. Berdasarkan standart WHO jumlah kebutuhan minimal darah di negara kita Indonesia sekitar 5,1 juta kantong pertahun (2% jumlah penduduk Indonesia) sedangkan produksi darah dan komponennya saat ini sebanyak 4,6 juta kantong dari 3,05 juta donasi, sebanyak 86,20% diantaranya berasal dari donor dara sukarela. Artinya kita masih kekurangan jumlah produksi darah secara nasional sekitar 500 ribu kantong (www.depkes.go.id). So....  Kegiatan donor darah sangat bermanfaat dalam membantu pemerintah mengatasi kekurangan jumlah darah secara nasional.

Masih banyak diantara kita yang enggan mendonorkan darahnya oleh sebab takut suntik atau bahkan takut kehilangan darah padahal manfaat dari mendonorkan darah itu banyak sekali,  salah satunya adalah kita dapat mengecek kesehatan kita secara rutin sebab setiap kali akan melaksanakan donor darah para pendonor akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu seperti pemeriksaan berat badan, tekanan darah, frekwensi denyut nadi, kadar hemoglobin (HB), setelah dinyatakan sehat baru dapat melaksanakan donor darah.  Lebih dari itu, menurut American journal of epidemiology, pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung dibanting dengan orang yang tidak pernah melakukan dornor darah.

Nah.... Kawan-kawanku semua mari kita sehat dengan donor darah, mari kita bantu pemerintah dalam mengatasi kekurangan jumlah darah dan mari kita bersedekah dengan darah kita,  semoga Allah selalu meridhoi kita...  Amiin..






0 komentar:

úúa A Designed by LETDA CAJ AL ISMAN by THN 2013

Back to TOP