29 May 2017

Bahayanya Jika Merasa Miskin

Saya dan beberapa teman SMA bertemu lagi di FB, seru-seruan, cerita masa SMA, beberapa teman mengupload foto jaman putih abu-abu di wallnya lantas kami ramai-ramai "keroyok" berkomentar.
.
Diantara sekian banyak foto yg di upload hanya ada satu foto saya, itupun ngumpet dibelakang punggung teman. Pada zaman itu,saya memang begitu orangnya. Malu berfoto.
.
Sejak zaman SMA, ada rasa minder pada diri saya ... Teman-teman pada punya baju bagus, saya cuma punya satu-satunya itu atau
teman-teman bawa uang jajan lebih, saya pas-pasan bahkan kadang gak bawa uang jajan. Padahal teman yang bawa uang jajan lebih itu santai aja loh, nggak ada yang mengejek saya, bahkan teman-teman kadang ngasih uang ke saya, atau traktir saya malahan.
.
Artinya apa ?
... Ini murni perasaan saya sendiri ...
Saya merasa bahwa saya adalah orang yang "KURANG" ... Padahal, banyak yang jauh lebih "KURANG" dibandingkan saya ...
.
Saya mengira minder itu hanya terjadi pada orang yang berada dilevel saya waktu itu. Nyatanya tidak, orang pada posisi saya sekarang pun atau bahkan melebihi posisi saya, minder itu tetap saja ada ...
Yang udah punya sepeda motor, tetep ada yang minder karena temannya punya mobil semua ...Udah punya mobil, masih bisa minder lagi, sebab sekelilingnya mobil mewah, sementara mobil dia hanya mobil sejuta umat.
INI KALO DITURUTI, TIDAK AKAN PERNAH ADA HABISNYA ...
Kalau seseorang sudah punya MOGE misalnya, pasti ia akan bergaul dengan orang yang punya MOGE, gak mungkin gaul dengan komunitas Odong Odong. Motor udah bagus, eh...... liat modifikasi motor temannya, Minder lagi, atau jalan-jalan ke rumah temannya semuanya mewah-mewah, eeeehhh... jadi minder lagi ...
.
Tapi sebenarnya ada yang jauh lebih bahaya daripada minder.
Apa itu ? MERASA MISKIN.
Liat temen jajan di warung, kita gak... timbul rasa "MISKIN"
Udah punya motor, liat temannya punya mobil, merasa "MISKIN". Udah punya mobil, lirik teman mobilnya lebih bagus merasa "MISKIN" lagi.
Akhirnya timbul rasa pengen lebih, biar dapat penghargaan orang bahwa kita kaya raya ... Ini bisa memicu perilaku memaksakan gaya hidup yang jauh di atas penghasilan yang ada ...
Endingnya apa ?
Ngutang sana sini, bisnis curang,nipu, bohongin orng.. Semua deeh.......
Lantas siapa orang yang kaya sesungguhnya ?
Mereka yang bisa terbebas dari "MERASA MISKIN"
.
~dariku AL~

0 komentar: