22 April 2011

Manfaat Musik Bagi Tubuh

Rasanya semua orang dimuka bumi ini menyukai musik, baik itu hanya sebagai hobby atau memang musik adalah sebuah profesi dalam kehidupannya sehari-hari. Namun sayangnya banyak yang kurang mengetahui bahwa mendengar atau memainkan musik yang biasanya di lakukan hanya sekedar iseng atau pengisi waktu luang ternyata mempunyai banyak manfaat yang bisa kita petik.

Saya lama sekali mencari tahu apa sebab seorang anak bisa tenang ketika sang bunda menyanyikan lagu "Nina Bobo" padanya.  Teringat jelas sewaktu adik bungsu saya masih kecil, acap kali ibu menyanyikan lagu ini pada saat adik menangis dengan kencang.  Dan ternyata lagu "Nina Bobo" ini adalah senjata ampuh untuk menenangkan sang adik, sehingga sang adik dapat kembali tidur dengan pulas.

Pendiri Heading Musik Enterprises bernama Dr. Alice Cash menyarankan bagi pasangan yang sedang bertengkar agar musik dijadikan sebagai sebuah solusi yang bisa membuat pasangan tersebut kembali harmonis. Beliau menyarankan untuk segera memperdengarkan musik kesayangan atau musik yang mempunyai kenangan indah bersama pasangan, sebab hal ini bisa segera mengubah MOOD ataupun suasana hubungan secara efektif sehingga masalah dapat segera terselesaikan.

Selain menjadi sebuah ungkapan kebahagiaan, sudah sejak lama musik dipercaya menjadi senjata ampuh untuk menenangkan diri, bahkan mampu membantu tubuh untuk mencapai relaksasi optimal yang mendorong terciptanya kebugaran tubuh. Tak jarang orang mendengarkan musik ketika insomnia datang melanda. Hal ini dilakukan karena mendengarkan musik ternyata mampu menciptakan relaksasi pada tubuh hingga akhirnya dapat tertidur dengan pulas. Tentu dengan mendengarkan musik  yang bisa menyegarkan, menenangkan dan rileks, sehingga denyut jantung lebih lambat, nafas teratur serta seluruh otot-otot dapat mengendur. Dan sebaliknya, disarankan untuk mendengarkan musik yang berirama cepat, enerjik dengan alunan bass dan perkusi yang dominan ketika melakukan aktifitas seperti olah raga dan lain-lain, sebab musik yang berirama cepat, enerjik dengan alunan bass dan perkusi yang dominan ini akan membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Bagi wanita hamil, menyanyikan lagu pada janin selama kurang lebih 20 sampai 30 menit, dipercaya dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi janin. Survei membuktikan bahwa janin yang sering mendengarkan alunan-alunan musik yang indah, pertumbuhan fisik dan pertumbuhan otak janin jauh lebih baik di bandingkan dengan janin yang kurang atau bahkan tidak mendengarkan musik. Sementara itu, mendengarkan musik selama kurang lebih 10 menit ternyata mampu memberikan ketenangan tersendiri bagi tubuh dan fikiran terutama bagi kita para pekerja yang setiap saat dapat dilanda stres. Tak heran jika orang-orang memutar musik kesukaan mereka disela-sela kesibukan yang padat, kepenatan yang melanda pada saat bekerja, baik melalui radio, handphone atau memutar musik di laptop mereka. Hal ini dilakukan agar fikiran dan tubuh mereka dapat kembali fresh sehingga dapat menuntaskan pekerjaannya dengan baik.

Untuk itu, jadikanlah musik sebagai sebuah senjata untuk tubuh agar lebih sehat dan bugar sepanjang waktu.
 

2 komentar:

Ipin's cool said...

sambil denger musik bisa juga ngilangin stress ...!

musik itu seni dan seni itu indah

gambutku said...

hampir setiap menyalakan pc, musik selalu saya putar fren, thank atas infonya ya fren.:D