13 September 2009

TIPS AMAN MUDIK LEBARAN


Sudah menjadi suatu tradisi apabila bulan Ramadhan akan berakhir, masyarakat khususnya yang berdomisili di perkotaan, memanfaatkan momen ini untuk pulang ke kampung halaman berlebaran bersama sanak saudara. Ada yang menggunakan kendaraan umum dan ada pula yang menggunakan kendaraan pribadi. Terminal, stasiun, pelabuhan maupun bandara menjadi tempat yang padat oleh masyarakat yang ingin mudik. Nah...agar tradisi mudik anda dapat berjalan dengan lancar, saya punya beberapa tips nya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat :

1. Beberapa hari sebelum anda berangkat mudik, periksa kendaraan anda. Mulai dari ban, mesin, oli, busi, rem, kopling dll. Apakah layak digunakan untuk perjalanan jauh atau tidak.

2. Jangan lupa membawa alat servis misalnya kunci-kunci, obeng, tang dll. Ini sangat membantu anda apabila kendaraan anda mengalami kendala selama dalam perjalanan.

3. Sebisa mungkin membawa perlengkapan cadangan misalnya ban dalam, busi dll. Betapa repotnya anda jika dalam perjalanan anda, tiba-tiba busi kendaraan anda keok alias mati. Sementara anda tidak membawa busi cadangan.

4. SIM, STNK dan HELM jangan sampai ketinggalan, tujuannya ingin ber lebaran dengan sanak saudara di kampung, malah berurusan sama bapak Polisi.

5. Jangan menggunakan kendaraan di luar kapasitas kendaraan tersebut, apabila kendaraan tersebut untuk dua orang, ya..gunakan untuk dua orang. Kasihan kendaraannya. Sudah perjalanan jauh, berat pula.

6. Usahakan mudik dengan teman anda, minimal dua kendaraan. Ini sangat membantu anda apabila terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan, maka teman anda dapat membantu anda.

Bagi pemudik yang menggunakan fasilitas umum /bus, kereta api dan kapal laut :

1. Usahakan untuk tidak membawa barang terlalu banyak , sebab akan merepotkan anda di dalam perjalanan. Sudah sempit, desak-desakan, barang bawaan banyak pula. Tidak terbayang betapa repotnya anda.

2. Usahakan membeli tiket jauh-jauh hari sebelum lebaran, karena biasanya tiket akan menjadi barang langka saat menjelang lebaran, jika ada harga tiketnya pun akan melonjak tinggi.

3. Jaga keamanan diri dan barang anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa momen-momen seperti ini akan di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan mudah tergiur dengan etikat baik seseorang yang belum anda kenal. Sebab bisa jadi anda akan menjadi korban kejahatan mereka.

4. dsl

5. dsl....bisa anda tambahkan sendiri ....oke....

Selamat berlebaran..Mohon maaf lahir dan batin, sampaikan kepada keluarga anda bahwa ada orang ganteng bersama gubuk blekenyek nitip salam

24 komentar:

harto Sunday, 13 September, 2009  

Siiipp... infonya, Semoga kita semua yang mo pulang mudik Selamat, sehat, lancar dan aman sampai di tempat tujuan masing2. Bisa berkumpul dan bersuka cita sama kel, sanak famili n andri tolani (handai tolan gituuuu)

narti Sunday, 13 September, 2009  

sangat bermanfaat nih tips-nya, makasih ya.

narti Sunday, 13 September, 2009  

semoga yg mau mudik bisa menerapkannya, selamat sampai tujuan.

Blog Joker Sunday, 13 September, 2009  

mantap tips nya,tapi aku ga akan mudik kemana2,semua keluargaku ada di martapura

Wani Sunday, 13 September, 2009  

Info bagus nich bagi yang mudik, exh aku juga mau mudik denk ...;-)
trims banget nech infonya...maju terus sob..;-)

Cheyka Sunday, 13 September, 2009  

assalamu'alikum..
mas sebelumnya saya mau bertnya...
Bagaimana mas ato kak naikkin traffic dan banykn visitor hingga ampe 1000 perhari kyk punya kakak????

tlong bantuannya y kak????
ditunggu..

Cheyka..

pengumpul blog Sunday, 13 September, 2009  

mas, selamat hari raya. tip yang menarik untuk semua termasuklah saya. Terima kasih banget ya mas

AISHALIFE-LINE Sunday, 13 September, 2009  

Tips membantu sekali bro.Bisa di coba entar kalau saya mudik.

Ica Sunday, 13 September, 2009  

hayo yang mau mudik... baca tuh nasehat orang tua... hehehe..
Tapi emang bener apa yang dikatakan pemilik blog ini... (siapa namanya?) piiiissss...
Makasih ya sob dah ingetin
Btw, pemilik blog mudik ga ya?

al-basri Sunday, 13 September, 2009  

info begini penting sekali menjelang lebaran, siapa yang mudik harus mencoba tahu...

terima kasih infonya, selamat berpuasa sobat.

muksin.com Sunday, 13 September, 2009  

MANTAP, MEMANG KENDALA DI PERJALANAN PASTI ADA, JADI HERUS DI PERSIAPKAN SEGALANYA.. BAGUS INFO NYA MAS, SALAM

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 13 September, 2009  

@ Harto, Narti, Joker, Wani,Pengumpul blog,Aishalife,Al-basri,Muksin, Dedot ....thanks sahabat...selamat berlebaran..Mohon Maaf lahir dan batin

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 13 September, 2009  

@cheyka...aku dah nulis di shoutmix km...thanks ya...

Willyo Alsyah P. Isman Sunday, 13 September, 2009  

Ica...lo ada2 aja Ca'....masa nama gw ga tau sih..hehehehe...Oya..ke'nya aku ga mudik nih..soalnya kami siaga, klo waktu2 ke' gini. Paling sthl lebaran N dah aman, baru bisa mudik. Btw thanks ya...

Mayyadah Sunday, 13 September, 2009  

bagi cewek2 jgn memakai perhiasan berlebihan yg mengundang kriminal^^

NumB3R Monday, 14 September, 2009  

Hehe. .nice tips sob :D

Btw, mudik jg gak nih? :p

Blog Sharing Monday, 14 September, 2009  

Minggu depan mudik nih. Jadi, info ini berguna banget buat mengingatkan apa2 saja yg perlu dipersiapkan supaya 'ritual tahunan' itu lancar. Amien...

imam77 Monday, 14 September, 2009  

Selasa besok saya mau Mudik!! Mohon di doakan y!!!

blogserba Monday, 14 September, 2009  

Siip posting nich Mas, bisa diterapkan tuch....

Willyo Alsyah P. Isman Monday, 14 September, 2009  

@ NumB3R...aku ga' mudik ke'nya ..soalnya waktu2 ke' gini malah siaga...hehehehehe

Willyo Alsyah P. Isman Monday, 14 September, 2009  

@ imam77...sy do'akan sob, semoga mudiknya berjalan dgn lancar, tanpa kendala apapun....semoga smpai di kampung halaman dgn selamat....salam.. Mohon maaf lahir dan batin.

harto Wednesday, 16 September, 2009  

Selamat Iedul Fithri 1430H

Taqobalallahu minna wa minkum
Shiyamana Wa Shiyamakum
Taqoballahu Yaa Kariim

Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir & Bathin

Di hari kemenangan ini marilah kita padukan keikhlasan untuk saling memaafkan …

facebook hacker Friday, 25 September, 2009  

saatnya arus balikkkk semangatttt

ĂșĂșa A Designed by LETDA CAJ AL ISMAN by THN 2013

Back to TOP